BLOG
INDUK : diklik
SILABUS BHS. MADURA SD KELAS 3, 4, 5, & 6 SEMESTER 1
KELAS 3 SEMESTER 1
(M. Rasyad, guru SDN
Cenlecen 2, Pakong, Pamekasan, Madura)
Mata Pelajaran : Bhs. Madura
Kelas/Semester : 3 (tiga)/1
(satu)
Tahun Pelajaran : 2011/2012
NO.
|
STANDAR
KOMPETENSI /
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK / PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
PENILAIAN
|
|
JENIS
TAGIHAN
|
BENTUK
TES
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
1
|
BAB 1: LINGKUNGAN SOSIAL
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana
sederhana, melalui mendengarkan cerita guru tentang lingkungan sosial,
permainan, pertanian, pariwisata dan makanan.
1.1
Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi dan suara yang terdapat dalam
bacaan atau cerita guru tentang lingkungan sosial.
|
• Teks
Bacaan
• Cerita guru
|
• Mampu membedakan vokal/konsonan
alos, tajhem, dhammang, atau alos berra’.
• Mengenal nama-nama kegiatan
sosial sesuai dengan apa yang ada dilingkungan siswa atau kegiatan sosial
yang pernah didengar melalui cerita guru.
• Menirukan
kata-kata sulit utama nya yang mengandung vokal/konsonan alos, tajhem,
dhammang, atau alos berra’.
|
• Membedakan berbagai bunyi
bahasa
• Melafalkan bunyi-bunyi bahasa
berupa vokal dan konsonan tajhem/alos dhammang, alos berra’.
• Menyebutkan nama-nama kegiatan
sosial sesuai dengan apa yang ada dilingkungan siswa atau kegiatan sosial
yang pernah didengar melalui cerita guru
|
....... x 1 jp
|
• Gambar-gambar kegiatan sosial
sehari-hari.
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(sare Taman 3).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan kembali apa yang didengarkan dirasakan,
dipikirkan, dibacanya, serta mampu melakukan percakapan/menjawab
pertanyaan-pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.
1.2
Menjelaskan isi gambar dan melakukan percakapan,
|
Teks
bacaan dalam gambar.
|
• Menyebutkan nama-nama tokoh
dalam cerita/gambar.
• Membaca
cerita bergambar.
• Mengucapkan
kata-kata yang memiliki vokal / konsonan alos, tajhem, dhammang, berra’.
|
• Menyebutkan tokoh-tokoh dalam
cerita/gambar.
• Memahami cerita gambar.
• Bercerita sesuai cerita gambar.
• Mengucapkan kata-kata yang
memiliki vokal / konsonan alos, tajhem.
|
..... x 1 jp
|
• Cerita bergambar
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 3)
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilian ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai
teknik-teknik membaca, memahami isi bacaan dan carakan madhura.
1.3 Membaca lancar teks bacaan dengan baik dan benar,
sehingga memahami kata-kata yang memiliki vokal/konsonan tajhem/alos.
|
Teks bacaan
|
• Memahami tanda-tanda baca.
• Membaca teks bacaan dengan
intonasi yang baik dan benar.
•
Memahami dan mengerti arti bacaan yang mengandung konsonan / vokal alos,
tajhem.
|
• Membaca dengan baik dan benar
teks bacaan.
• Memahami kata-kata yang
mengandung konsonan / vokal alos, tajhem dalam bacaan.
• Memahami tanda-tanda baca.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 3)
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
beberapa kalimat yang ditugasi guru atau yang dibuat sendiri dengan huruf
latin menggunakan ejaan bahasa Madura yang baku dan dengan tegak bersambung
dan tulisan carakan madhura.
1.4 Menulis
kalimat dengan ejaan yang baku dan menyalin bacaan carakan madhura.
|
Teks bacaan
|
• Mengenal huruf-huruf / ejaan
madura dan penggunaannya.
• Menulis suku kata, kata,
kalimat dengan cepat.
• Menulis/menyalin carakan
madhura.
|
• Mengenal huruf-huruf / ejaan
madura dan penggunaannya.
• Menyalin huruf / bacaan dengan
menggunakan huruf tegak bersambung dengan baik.
• Mengenal dan menyalin carakan
madhura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare
Taman 3)
• Huruf carakan madura.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
1.5 Mengapresiasi / membaca parebhasan madura.
|
Parebhasan
|
• Mengenal parebhasan madura
• Membaca parebhasan madura
• Mengartikan kata-kata sulit.
|
• Mengenal parebhasan madura
• Membaca parebhasan madura
• Mengartikan kata-kata sulit.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 3)
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2.
|
BAB 2:
PERMAINAN
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap
dan memahami bahasa dan wacana sederhana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang lingkungan sosial, permainan, pertanian, pariwisata dan makanan.
2.1Mendengarkan dan membedakan bebagai bunyi dan suara yang terdapat
dalam bacaan atau cerita guru tentang lingkungan sosial.
|
• Teks bacaan
• Cerita guru
|
• Membedakan vokal / konsonan
alos, tajhem, dhammang, atau alos berra’.
• Mengenal nama-nama permainan
anak sesuai dengan apa yang ada di lingkungan siswa yang pernah dimainkan
atau didengar.
• Menirukan kata-kata sulit
utamanya yang mengandung vokal / konsonan alos, tajhem, dhammang, atau alos
berra’ dalam bacaan.
|
• Membedakan berbagai bunyi
bahasa.
• Melafalkan bunyi-bunyi bahasa
berupa vokal dan konsonan tajhem / alos dhammang, alos berra’.
• Menyebutkan nama-nama permainan
anak sesuai dengan apa yang ada di lingkungan siswa yang pernah dimainkan
atau didengar melalui cerita guru.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 3)
• Gambar-gambar permainan
sehari-hari.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan
dan menjelaskan kembali apa yang didengarkan, dirasakan, dipikirkan, apa yang
diceritakan guru atau apa yang dibacanya, serta mampu melakukan
percakapan/menjawab pertanyaan-pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti
kata-kata sulit.
2.2 Menjelaskan isi bacaan.
|
Teks dha-kandha.
|
• Menyebutkan nama-nama tokoh
dalam cerita.
• Menjawab pertanyaan guru
• Mengucapkan kata-kata yang
memilik vokal / konsonan alos, tajhem, berra’, dhammang. (melakukan
percakapan)
• Menyebutkan macam–macam
kegiatan sehari- hari.
|
• Menyebutkan nama-nama tokoh
dalam cerita.
• Menjawab pertanyaan guru.
• Mengucapkan kata-kata yang
memiliki vokal / konsonan alos, tajhem, berra’, dhammang.
• Menyebutkan macam-macam
kegiatan sehari-hari.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 3)
• Teks dhakandha.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, memahami isi
bacaan dan carakan madhura.
2.3 Membaca lancar (membaca teks bacaan yang mengandung vokal / konsonan
alos, dhammang / berra’ dengan baik dan benar sesuai dengan teknik-teknik
membaca).
|
Teks bacaan judul “Amaen dhako”
|
• Memahami tanda-tanda baca.
• Membaca teks bacaan
• Memahami dan mengerti arti
bacaan yang mengandung konsonan / vokal alos, tajhem
|
• Memahami tanda-tanda baca.
• Membaca dengan baik dan benar
dengan teknik-teknik membaca, menggunakan tanda-tanda baca.
• Memahami kata-kata yang
mengandung konsonan / vokal alos, tajhem dalam bacaan.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 3)
• Referensi lain yang relevan..
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
beberapa kalimat yang ditugasi guru atau yang dibuat sendiri dengan huruf
latin menggunakan ejaan bahasa madura yang baku dan dengan tegak bersambung
dan tulisan carakan madhura.
2.4 Menulis kata / kalimat dengan petunjuk guru, sesuai dengan ejaan
bahasa madura yang baku, tegak bersambung.
|
• Teks bacaan
• Aksara ghajang
|
• Mengenal huruf-huruf/ejaan
madura dan penggunaannya.
• Menulis suku kata, kata,
kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
• Menulis / menyalin carakan
madura.
|
• Mengenal huruf-huruf / ejaan
madura dan penggunaannya.
• Membuat kalimat sederhana
dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
• Mengenal dan menyalin carakan
madura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 3)
• Huruf carakan madura.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
2.5 Mengapresiasi / membaca papareghan madura.
|
Papareghan
|
• Mengenal papareghan madura.
• Membaca papareghan madura.
• Mengartikan kata-kata sulit.
|
• Mengenal lagu / kejhung
en-maenan yang berisi pantun.
• Melagukan kejhung en-maenan
madura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 3)
• Referensi lain yang relevan..
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3
|
BAB 3:
PERTANIAN
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana sederhana, melalui mendengarkan
cerita guru tentang lingkungan sosial, permainan, pertanian, pariwisata dan
makanan.
3.1 Mendengarkan dan membedakan
berbagai bunyi dan suara yang terdapat dalam bacaan atau cerita guru
tentang pertanian/tanaman.
|
• Cerita guru
• Teks bacaan
|
• Membedakan vokal / konsonan
alos, tajhem, dhammang, atau alos berra’.
• Mengenal macam-macam musim
• Menyebutkan macam-macam
tanaman yang ada di linkungan.
|
• Membedakan berbagai bunyi
bahasa.
• Melafalkan bunyi-bunyi
bahasa berupa vokal dan konsonan tajhem / alos dhammang, alos berra’.
• Menyebutkan macam-macam
musim yang terjadi di lingkungan siswa.
• Menyebutkan
macam-macam tanaman.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 3)
• Gambar-gambar tanaman.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan
dan menjelaskan kembali apa yang didengarkan, dirasakan, dipikirkan, apa yang
dicerita guru atau apa yang dibacanya, serta mampu melakukan
percakapan/menjawab pertanyaan-pertanyaan guru/teman, menjelaskan arti kata-kata sulit.
3,2 Menjelaskan isi bacaan.
|
Teks dha-kandha bergambar.
.
|
• Menjelaskan dan menyebutkan
nama-nama tokoh dalam percakapan.
• Menjawab pertanyaan guru
• Melakukan percakapan dengan
pelafalan kata-kata yang memiliki vokal / konsonan alos, tajhem, berra’,
dhammang.
|
• Menjelaskan dan menyebutkan nama-nama tokoh dalam isi
bacaan.
• Menjawab
pertanyaan guru.
• Melakukan percakapan dengan
pelafalan kata-kata yang memiliki vokal / konsonan alos, tajhem, berra’,
dhammang.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 3)
• Teks dhakandha
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca
teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca memahami isi
bacaan, dan carakan madhura.
3.3 Membaca lancar teks bacaan dengan baik dan benar sesuai
dengan teknik-teknik membaca, menggunakan tanda-tanda baca.
|
Teks bacaan
|
• Memahami tanda-tanda baca
• Membaca teks bacaan
• Menjawab pertanyaan guru
.
|
• Memahami tanda-tanda baca.
• Membaca dengan baik dan benar
dengan teknik-teknik membaca, menggunakan tanda-tanda baca.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 3)
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
beberapa kalimat yang ditugasi guru atau yang dibuat sendiri dengan huruf
latin menggunakan ejaan bhasa madura yang baku dan dengan tegak bersambung
dan tulisan carakan madhura.
3.4 Menulis kalimat sesuai dengan ejaan bahasa madhura yang baku,
manyalin bacaan carakan madura.
|
Aksara ghajang
|
• Mengenal huruf-huruf / ejaan
madura dan penggunaannya
• Menulis suku kata, kata,
kalimat sederhana sesuai dengan ejaan.
• Menulis/ menyalin carakan
madura
|
• Mengenal huruf-huruf / ejaan
madura dan penggunaannya.
• Membuat kalimat sederhana
sesuai dengan ejaan yang baku.
• Mengenal dan menyalin carakan
madhura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 3)
• Huruf carakan madura.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
3.5 Mengapresiasi / melagukan
kejhung en-maenan madhura,
|
Kejhung en-maenan Madhura.
|
• Mengenal kejhung en-maenan
madhura.
• Melagukan kejhung en-maenan
Madhura
• Mengartikan kata-kata sulit.
|
• Mengenal kejhung en-maenan
Madhura.
• Melagukan kejhung en-maenan
madhura.
• Mengartikan kata-kata sulit.
Selesai (benar)
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 3)
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
Pamekasan, 11 Juni
2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Bhs.Madura Kelas 3 (tiga)
M. RASYAD M.
RASYAD
Nip.19580423 197803 1
003 Nip.19580423 197803 1 003
S I
L A B
U S
KELAS 4 SEMESTER 1
Mata Pelajaran : Bhs. Madura
Kelas/Semester : 4 (empat)/1 (satu)
Tahun Pelajaran : 2011-2012
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
POKOK / PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
PENILAIAN
|
|
JENIS
TAGIHAN
|
BENTUK
TES
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
1
|
BAB 1:
PARIWISATA
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang: legenda tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita
rakyat.
1.1 Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi/suara yang terdapat dalam
bacaan.
|
Teks bacaan
|
• Membedakan vokal / konsonan
alos, tajhem, dhammang, atau alos berra’.
• Menemukan kata-kata sulit
dalam.
• Mengartikan kata-kata sulit
• Menyebutkan nama tokoh dan
latar.
|
• Membedakan berbagai bunyi /
suara yang terdapat dalam bacaan.
• Menemukan kata-kata sulit dalam
bacaan
• Mengartikan kata-kata sulit
yang ditemukan.
• Menyebutkan nama tokoh dalam
bacaan.
|
...... x 1 jp
|
• Gambar-gambar yang berhubungan
dengan cerita rakyat.
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan kembali cerita
guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu
menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.
1.2 Menjelaskan isi gambar/bacaan.
|
Teks ondhagga bhasa Madura
|
• Berdialog kepada yang lebih tua
dengan menggunakan kaidah bahasa madura.
• Mengubah kata enja’ iya ke kata
engghi enten.
• Mengubah kalimat enja’ iya ke
kalimat engghi bhunten.
|
• Melakukan dialog antara yang
lebih muda dan yang lebih tua dengan menggunakan kaidah bahasa madura.
|
...... x 1 jp
|
• Cerita bergambar
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi
bacaan.
1.3 Membaca nyaring dan lancar teks puisi / bacaan sesuai ejaan yang baku
(disempurnakan).
|
Teks puisi
|
• Membaca puisi
dengan intonasi yang benar.
• Membedakan
kata-kata yang mengandung vokal / konsonan alos / tajhem.
• Menentukan pangalemma
angghutana badhan.
|
• Membaca puisi dengan baik dan
benar.
• Melafalkan / menentukan
kata-kata yang mengandung vokal / konsonan alos atau tajhem.
• Menyebutkan
pangalemma angghutana badhan.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
beberapa kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan
bahasa Madura yang disempurnakan.
1.4 Menulis kalimat bacaan dengan ejaan yang baku dan menulis
kata/kalimat dengan baik.
|
Teks bacaan
|
• Menuliskan kalimat dalam bahasa
madura yang didektekan guru.
• Menulis pangangghuy sowara ( petpet ) dalam carakan madura.
• Menulis dengan menggunakan
pangangghuy panyeghek ( bisat, lajar, cekcek ) dalam carakan
madhura.
|
• Menulis kalimat-kalimat dalam
bahasa madura dengan menggunakan ejaan yang baku.
• Menulis pangangghuy sowara
(petpet) dalam carakan madura.
• Menulis
pangangghuy panyeghek (bisat, lajar, cekcek).
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Huruf carakan madura
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
1.5 Mengumpulkan dan menulis
pantun Madura.
|
Pantun
|
• Menyebutkan ciri-ciri pantun
Madura madura.
• Membedakan sampiran dan isi
pantun.
• Membuat / mengumpulkan pantun
Madura.
|
• Menyebutkan ciri-ciri pantun
Madura.
• Menyebutkan macam-macam pantun
Madura
• Membuat / mengumpulkan pantun
Madura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2.
|
BAB 2: TOKOH
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang: legenda, tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita
rakyat.
2.1 Mendengarkan cerita guru tentang ”Tokoh Daerah”.
|
Teks bacaan
|
• Menceritakan kembali isi cerita
dari suatu bacaan.
• Menemukan kata-kata sulit.
• Mengartikan kata-kata sulit.
• Menyebutkan nama tokoh dan
latar.
|
• Menceritakan kembali isi cerita
dari suatu bacaan.
• Menemukan kata-kata sulit dalam
bacaan.
• Mengartikan
kata-kata sulit yang ditemukan.
• Menyebutkan
nama tokoh dalam bacaan.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Gambar-gambar tentang tokoh
daerah.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan
kembali cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan,
serta mampu menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata
sulit.
2.2 Menjelaskan isi gambar/bacaan.
|
Teks dialog
|
• Menjelaskan isi gambar.
• Berdialog dengan orang yang
lebih tua dengan menggunakan ondhagga bhasa madhura.
|
• Menjelaskan isi gambar yang
terdapat dalam bacaan.
• Melakukan dialog
dg orang lain yg lebih tua dengan menggunakan ondhagga bhasa madhura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Cerita bergambar.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
2.3 Membaca nyaring dan
lancar teks puisi/bacaan sesuai
ejaan yang baku (disempurnakan).
|
Teks bacaan judul “Muhammad Noer”
|
• Membaca lancar teks bacaan.
• Mengungkapkan kembali isi
bacaan.
• Menjawab pertanyaan
• Memahami arti kata-kata sulit.
|
• Membaca teks bacaan dengan
lancar dengan intonasi yang benar.
• Mengungkapkan kembali isi
bacaan.
• Menjawab pertanyaan isi bacaan.
• Memahami arti kata-kata sulit
dalam bacaan.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
beberapa kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan
bahasa Madhura yang disempurnakan.
2.4 Menulis kalimat bacaan dengan ejaan yang baku dan menulis surat
dengan kata/kalimat dengan baik.
|
• Surat
• Aksara pangangghuy
|
• Menuliskan kalimat dalam bahasa
madura yang didektekan guru.
• Menulis surat dengan kalimat
yang baik.
• Menulis pangangghuy pangkon,
pedher, perper, soko malja dalam carakan Madura.
|
• Menulis kalimat-kalimat dalam
bahasa madura dengan menggunakan ejaan yang baku.
• Menulis surat dengan kalimat
yang baik.
• Menulis pangangghuy:
pangkon, pedher, perper, soko malja dalam carakan Madura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Huruf carakan madura
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
2.5 Mengungkapkan / membaca dan
menulis syair Madura.
|
Teks syiir Madura
|
• Melagulan syiir madura.
• Membuat secara sederhana
syiir madura.
• Membuat / mengumpulkan syiir
madura.
|
• Melagukan syiir madura.
• Membuat secara sederhana syiir
madura.
• Membuat / mengumpulkan syiir
madura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3
|
BAB 3:
PERTUNJUKAN
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang: legenda, tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita
rakyat.
3.1 Mendengarkan cerita guru tentang
”Addhuan Sape”.
|
Teks bacaan
|
• Menceritakan kembali isi
cerita.
• Menemukan dan mengartikan
kata-kata sulit.
• Menyebutkan macam-macam addhuan
sape yang ada di Madura.
• Membedakan addhuan sape yang
ada di madura
|
• Menceritakan kembali isi cerita
dari suatu bacaan.
• Menemukan kata-kata sulit dalam
bacaan.
• Mengartikan kata-kata sulit
yang ditemukan.
• Menyebutkan macam-macam addhuan
sape di Madura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Gambar-gambar karapan sape dan
sape sono’.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan kembali
cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu
menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.
3,2 Mengadakan dialog dengan orang lain / menyebutkan kejadian-kejadian dan
nama-nama pelaku dalam bacaan.
|
Teks dialog
|
• Berdialog menggunakan bahasa
madura dengan teman sebaya.
• Berdialog dengan orang lain
yang lebih tua dengan menggunakan ondhagga bhasa madhura.
• Mengartikan Kata-kata sulit.
|
• Berdialog menggunakan bahasa
madura yang baik dan benar dengan teman sebaya.
• Berdialog dengan orang lain
yang lebih tua dengan menggunakan ondhagga bhasa madhura dengan baik dan
benar.
• Mengartikan
kata-kata sulit dalam bacaan.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Cerita gambar.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi
bacaan.
3.3 Membaca nyaring dan
lancar teks puisi/bacaan sesuai ejaan
yang baku (disempurnakan).
|
Teks bacaan
|
• Membaca teks bacaan
• Mengungkapkan kembali isi
bacaan.
• Menjawab pertanyaan.
• Menunjukkan kata-kata yg
mengandung V, VK, KVK, KKV, dan KKVK dalam bacaan.
|
• Membaca teks bacaan dengan
lancar dengan intonasi yang benar.
• Mengungkapkan kembali isi
bacaan.
• Menjawab pertanyaan isi
bacaan.
• Memahami kata-kata yg
mengandung V, VK, KVK, KKV, dan KKVK dalam bacaan.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
beberapa kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan
bahasa Madhura yang disempurnakan.
3.4 Menulis surat dengan kata / kalimat dengan baik, menulis carakan
madura.
|
Surat
|
• Menulis kalimat-kalimat dalam
bahasa madura dengan menggunakan ejaan yang baku.
• Menulis surat dengan kalimat
yang baik.
• Menulis carakan madura /
menulis kalimat-kalimat carakan madura yang menggunakan pangangghuy,
dhek-adhek, lengsa / longse.
|
• Menulis kalimat-kalimat dalam
bahasa madura dengan menggunakan ejaan yang baku.
• Menulis surat dengan kalimat
yang baik.
• Menulis carakan Madura /
menulis kalimat-kalimat carakan madura yang menggunakan pangangghuy,
dhek-adhek, lengsa / longse.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Contoh surat.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
3.5 Menggunakan okara kakanten
dalam kalimat.
|
Okara kakanthen madura
|
• Memahami okara kakanten madura.
• Membuat kalimat dengan
menggunakan okara kakanten madhura.
• Membuat / mengumpulkan okara
kakanten madhura.
|
• Memahami okara kakanten
madhura.
• Membuat kalimat dengan
menggunakan okara kakanten Madhura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
Pamekasan, 11 Juni
2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 4 (empat)
M. RASYAD M.
RASYAD
Nip.19580423 197803 1
003 Nip.19580423 197803 1 003
S I
L A B
U S
KELAS 5 SEMESTER 1
Mata Pelajaran : Bhs. Madura
Kelas/Semester : 5 (lima)/1
(satu)
Tahun Pelajaran : 2011/2012
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
POKOK / PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
PENILAIAN
|
|
JENIS
TAGIHAN
|
BENTUK
TES
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
1.
|
BAB 1:
KEPENDUDUKAN
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui
mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang kependudukan,
pahlawan, lingkungan, perdagangan, dan teknologi sederhana.
1,1 Mendengarkan dan membedakan bunyi bahasa yang terdapat dalam bacaan
dan cerita guru tentang kependudukan.
|
Teks bacaan
|
• Membedakan vokal/konsonan alos,
tajhem, dhammang, atau alos berra’.
• Menemukan kata-kata sulit
• Mengartikan kata-kata sulit.
• Menyebutkan kegiatan yang
berkaitan dengan kependudukan.
|
• Membedakan berbagai bunyi dan
suara bahasa.
• Menyebutkan hal-hal yang
berkaitan dengan kependudukan.
• Melafalkan dengan baik dan
benar vokal / konsonan alos, tajhem, dhammang, atau alos berra’.
• Mengartikan kata-kata sulit
yang ditemukan dalam bacaan.
|
..... x 1 jp
|
• Gambar-gambar yang berhubungan
dengan kependudukan.
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Mengungkapkan
apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan
kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi pertanyaan,
melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
1.2 Menjelaskan
isi bacaan.
|
Teks bacaan
|
• Menceritakan isi bacaan /
cerita guru.
• Menjawab pertanyaan tentang kependudukan
• Mengartikan kata-kata sulit
dalam bacaan
• Bercerita melalui gambar
|
• Menceritakan isi bacaan /
cerita guru.
• Menjawab / memberi pertanyaan tentang kependudukan
• Menjelaskan arti kata-kata
sulit dalam bacaan.
• Menceritakan isi gambar secara
runtut sesuai gambar dengan menggunakan kaidah bahasa yang baik dan benar.
|
..... x 1 jp
|
• Cerita bergambar
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi
bacaan.
1.3 Membaca lancar teks bacaan tentang kependudukan, membaca carakan
madhura.
|
• Teks bacaan
• Teks carakan madhura
|
• Membaca teks bacaan dengan baik
dan benar.
• Membedakan kata - kata yang
mengandung vokal/konsonan alos atau tajhem
• Menjawab pertanyaan.
• Membaca lancar carakan madura.
|
• Membaca teks bacaan dengan baik
dan benar sesuai dengan teknik-teknik membaca.
• Melafalkan/menentukan kata-kata
yang mengandung vokal / konsonan alos atau tajhem.
• Membaca carakan madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri atau dengan
petunjuk guru.
1.4 Mengarang cerita bergambar, menyalin latin ke carakan madhura atau
sebaliknya.
|
Karangan bebas.
|
• Menulis karangan melalui gambar
cerita secara runtut sesuai dengan kaidah bahasa madura.
• Menyalin latin ke carakan
madura atau sebaliknya yang menggunakan bhangon ”pa” cerrek ban ”nga” lelet.
|
• Menulis karangan melalui gambar
cerita secara runtut sesuai dengan kaidah bahasa madura.
• Menyalin latin ke carakan
madhura atau sebaliknya yang menggunakan bhangon ”pa” cerrek ban ”nga” lelet.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Huruf carakan madura.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
1.5 Mengapresiasikan pantun dan syiir madura dan sastra madura modern.
|
• Pantun
• Syiir madura
|
• Menyebutkan ciri-ciri syiir /
pantun madura.
• Membaca dengan baik
syiir/pantun madura.
• Membedakan sampiran dan isi
pantun.
• Membuat / mengumpulkan syiir/pantun
madura.
|
• Menyebutkan ciri-ciri pantun
madura.
• Menyebutkan macam-macam
pantun madura.
• Membuat / mengumpulkan pantun
madura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2.
|
BAB 2:
KERAJINAN
TANGAN
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui
mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang
kependudukan, pahlawan, lingkungan, perdagangan, dan teknologi sederhana.
2.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi bahasa yang terdapat dalam bacaan
dan cerita guru tentang pahlawan.
|
Teks bacaan
|
• Membedakan vokal/konsonan alos,
tajhem, dhammang, atau alos berra’.
• Menemukan kata-kata sulit.
• Mengartikan kata-kata sulit.
• Menyebutkan nama beberapa
pahlawan Madura
|
• Membedakan berbagai bunyi dan
suara bahasa.
• Menyebutkan hal-hal yang
berkaitan dengan kepahlawanan.
• Melafalkan dengan baik dan
benar vokal / konsonan alos, tajhem, dhammang, atau alos berra’.
• Mengartikan kata-kata sulit
yang ditemukan dalam bacaan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Gambar-gambar yang berhubungan
dengan kepahlawanan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Mengungkapkan
apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan
kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi pertanyaan,
melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
2.2 Menjelaskan
isi gambar.
|
Teks lagu
|
• Menceritakan isi bacaan/cerita
guru.
• Menjawab pertanyaan tentang
kepahla wanan
• Mengartikan kata-kata dalam
bacaan
• Menjelaskan hal-hal yang
berkaitan dengan kepahlawanan.
|
• Menceritakan isi bacaan/ cerita
guru.
• Menjawab / memberi pertanyaan
tentang kepahlawanan.
• Menjelaskan
arti kata-kata sulit dalam bacaan.
• Menjelaskan
hal-hal yang berkaitan dengan kepahlawanan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi
bacaan.
2.4 Membaca lancar teks bacaan tentang kepahlawanan, membaca carakan
madhura.
|
• Teks bacaan
• Teks carakan madhura.
|
• Membaca lancar teks bacaan
dengan baik dan benar.
• Membedakan kata-kata yang
mengandung vokal/konsonan alos atau tajhem.
• Menjawab pertanyaan dengan
menggu nakan ondhagga bhasa.
• Membaca carakan madura.
|
• Membaca lancar teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai dengan teknik-teknik membaca.
• Melafalkan/menentukan kata-kata
yang mengandung vokal / konsonan alos atau tajhem.
• Membaca carakan madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
beberapa kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan
bahasa Madhura yang disempurnakan.
2.4 Menulis latin dengan menggunakan oca’ lako, menyalin latin ke carakan
madhura atau sebaliknya.
|
Oca’ lako
|
• Membuat kalimat dengan
menggunakan oca’ lako.
• Memahami oca’ lako dalam bahasa
madura
• Menyalin latin ke carakan
madura atau sebaliknya.
|
• Membuat kalimat dengan
menggunakan oca’ lako.
• Memahami oca’ lako dalam bahasa
madura.
• Menyalin latin ke carakan
madhura atau sebaliknya.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
2.5
Mengapresiasi sastra madura modern.
|
Puisi madura
|
• Mengekspresi kan sastra
madura modern.
• Membaca dengan baik puisi
madura modern dengan intonasi dan mimik yang baik.
|
• Mengekspresikan sastra
madura modern.
• Membaca dengan baik puisi
madura modern dengan intonasi dan mimik yang baik.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3.
|
BAB 3:
KESEHATAN
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui
mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang
kependudukan, pahlawan, lingkungan, perdagangan, dan teknologi sederhana.
3.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa vokal / konsonan
tajhem / alos yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang lingkungan.
|
Teks bacaan
|
• Membedakan dan melafalkan
dengan baik dan benar vokal / konsonan alos, tajhem, dhammang, atau alos berra’.
• Menemukan kata-kata sulit dalam
bacaan.
• Mengartikan kata-kata sulit.
• Membedakan oca’ denotatif ban
oca’ konotatif.
|
• Membedakan dan melafalkan
dengan baik dan benar vokal / konsonsn alos, tajhem, dhammang, atau alos
berra’.
• Mengartikan kata-kata sulit
yang ditemukan dalam bacaan.
• Membedakan oca’ denotatif ban
oca’ konotatif.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Gambar-gambar yang berhubungan
dengan kesehatan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Mengungkapkan
apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan
kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab / memberi pertanyaan,
melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
3.2 Menyebutkan macam-macam kegiatan lingkungan.
|
Teks bacaan
|
• Menjelaskan arti dari kegiatan
lingkungan.
• Menyebutkan macam-macam
kegiatan lingkungan sehat.
• membuat pertanyaan dengan jawaban
yang telah tersedia.
|
• Menjelaskan arti dari kegiatan
lingkungan.
• Menyebutkan macam-macam
kegiatan lingkungan sehat.
• Membuat pertanyaan dengan
jawaban yang telah tersedia.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi
bacaan.
3.3 Melakukan
percakapan, menggunakan oca’ bilangan.
|
• Teks percakapan
|
• Melakukan percakapan dengan
teman sebaya dengan menggunakan bahasa madura yang baik dan benar.
• Menggunakan oca’ bilangan dalam
sebuah kalimat.
|
• Melakukan percakapan dengan
teman sebaya dengan menggunakan bahasa madura yang baik dan benar.
• Menggunakan oca’ bilangan dalam
sebuah kalimat.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri atau dengan
petunjuk guru.
3.4 Mengarang dengan memilih judul karangan yang disediakan, menyalin
carakan madura.
|
Aksara rajana ghajang Na, Sa, Pa.
|
• Mengembang
kan sebuah
karangan dengan judul yang sudah disediakan.
• Menyalin tulisan carakan madura
yang menggunakan aksara rajana ghajang Na, Sa, Pa.
|
• Mengembangkan sebuah karangan
dengan judul yang sudah disediakan.
• Menyalin tulisan carakan madura
yang menggunakan aksara rajana ghajang Na, Sa, Pa.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
3.5 Mengartikan dan menggunakan parebhasan madhura.
|
Parebhasan madhura
|
• Mengartikan parebhasan madhura
dalam kehidupan sehari-hari.
• Menggunakan parebhasan madhura
dalam kehidupan sehari-hari.
• Membuat kalimat dengan
menggunakan parebhasan madhura.
|
• Mengartikan parebhasan madhura
dalam kehidupan sehari-hari.
• Menggunakan parebhasan madhura
dalam kehidupan sehari-hari.
• Membuat kalimat dengan
menggunakan parebhasan madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
Pamekasan, 11 Juni 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 5 (lima)
M. RASYAD M.
RASYAD
Nip.19580423 197803 1
003 Nip.19580423 197803 1 003
S I
L A B
U S
KELAS 6 SEMESTER 1
Mata Pelajaran : Bhs. Madura
Kelas/Semester : 6 (enam)
/ 1 (satu)
Tahun Pelajaran : 2011-2012
NO.
|
STANDAR
KOMPETENSI /
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK / PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
PENILAIAN
|
|
JENIS
TAGIHAN
|
BENTUK
TES
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
1.
|
BAB 1:
KOMUNIKASI
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
1.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat
dalam bacaan dan cerita guru tentang komunikasi.
|
Teks bacaan
|
• Membedakan berbagai bunyi
bahasa secara tepat.
• Melafalkan bunyi bahasa secara
baik dan benar.
• Menyebutkan Jenis-jenis
komunikasi
• Menuliskan struktur kalimat
sempurna dan tidak sempurna.
|
• Membedakan berbagai bunyi
bahasa secara tepat.
• Melafalkan bunyi bahasa secara
baik dan benar.
• Menyebutkan jenis-jenis
komunikasi
• Menuliskan struktur kalimat
sempurna dan tidak sempurna.
|
..... x 1 jp
|
• Gambar-gambar yang berhubungan
dengan komunikasi
• Buku pelajaran
Bahasa Madura (Sare Taman 6).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan
dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya,
dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab
/ membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan
tembhang macapat.
1.2 Menjelaskan
isi bacaan.
|
Teks percakapan
|
• Menceritakan isi bacaan /
cerita guru.
• Menjawab / memberi pertanyaan
tentang komunikasi.
• Menjelaskan arti kata-kata
sulit dalam bacaan.
• Melakukan percakapan.
|
• Menceritakan isi bacaan /
cerita.guru.
• Menjawab / memberi pertanyaan
tentang komunikasi.
• Menjelaskan
arti kata-kata sulit dalam bacaan.
• Melakukan percakapan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan
tembhang macapat dan carakan madhura.
1.3 Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik
membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.
|
• Teks bacaan
• Teks carakan madhura.
|
• Membaca teks bacaan dengan baik
dan benar.
• Membedakan kata-kata yang
mengandung vokal/konsonan alos atau tajhem.
• Menjawab isi bacaan.
• Membaca lancar carakan madhura.
|
• Membaca teks bacaan dengan baik
dan benar sesuai dengan teknik-teknik membaca.
• Melafalkan / menentukan
kata-kata yang mengandung vokal/konsonan alos atau tajhem.
• Membaca carakan
madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
1.4 Menulis kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madura
dengan baik, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.
|
• Oca’ bhangsalan ban saloka
• Carakan madhura
|
• Menulis kalimat dalam bahasa
madura dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madhura dengan baik
• Menulis carakan
madhura.
• Menulis sorat
onjhangan.
|
• Menulis kalimat-kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka
madhura dengan baik
• Menulis carakan
madhura.
• Menulis sorat
onjhangan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
• Huruf carakan madhura.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
1.5 Menulis bhangsalan sesuai petunjuk guru.
|
Bhangsalan
|
• Memahami kalimat yang
menggunakan oca’ bhangsalan.
• Menggunakan oca’ bhangsalan.
• Membaca tembhang macapat
madhura.
• Membuat / mengumpulkan oca’ bhangsalan
|
• Menulis dengan baik kalimat dengan
menggunakan oca’ bhangsalan.
• membaca tembhang macapat
madhura.
• Membuat/ mengumpulkan oca’
bhangsalan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2.
|
BAB 2: KERAJINAN TANGAN
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
2.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat
dalam bacaan dan cerita guru ttg komunikasi.
|
Teks
bacaan
|
• Membedakan berbagai bunyi
bahasa secara tepat.
• Melafalkan bunyi bahasa secara
baik dan benar.
• Membuat okara careta dan
petanya.
|
• Membedakan berbagai bunyi
bahasa secara tepat.
• Melafalkan bunyi bahasa secara
baik dan benar.
• Membuat okara careta dan
petanya.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
• Gambar-gambar yang berhubungan
dengan kerajinan tangan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan
dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya,
dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab
/ membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan
tembhang macapat.
2.2Melakukan percakapan sesuai teks dalam buku bacaan.
|
Teks percakapan
|
• Melakukan percakapan.
• Menjelaskan arti kata-kata
sulit
• Menjawab pertanyaan dengan
menggunakan ondhagga bhasa enggi bhunten.
|
• Melakukan percakapan
• Menjelaskan arti kata-kata
sulit.
• Menjawab pertanyaan dengan
menggunakan ondhagga bhasa enggi bhunten.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan
tembhang macapat dan carakan madhura.
2.3 Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca,
membaca kalimat dalam carakan madhura.
|
Teks bacaan
|
• Membaca teks bacaan dengan baik
dan benar.
• Membedakan kata-kata yang
mengandung vokal/konsonan alos atau
tajhem.
• Menjawab isi pertanyaan.
• Membaca lancar carakan madhura.
|
• Membaca teks bacaan dengan baik
dan benar sesuai dengan teknik-teknik membaca.
• Melafalkan / menentukan
kata-kata yang mengandung vokal / konsonan alos atau tajhem.
• Membaca kalimat dalam carakan
madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
2.5 Membuat karangan, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.
|
Karangan
|
• Menuliskan karangan dalam bahasa
madura.
• Menulis carakan madhura
|
• Membuat karangan dengan
petunjuk guru dengan baik.
• Menulis carakan
madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
2.5 Melagukan tembhang macapat (Maskumambang).
|
Tembhang macapat
|
• Memahami istilah dalam tembhang
macapat.
• Membaca / melagukan tembhang
macapat madhura dengan baik.
• Memahami isi tembhang macapat
dengan baik.
|
• Memahami istilah dalam tembhang
macapat.
• Membaca / malagukan tembhang
macapat madhura dengan baik.
• Memahami isi tembhang macapat
dengan baik.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3.
|
BAB 3: LINGKUNGAN SEHAT
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang komunikasi, karajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
3.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat
dalam bacaan dan cerita guru tentang komunikasi.
|
Teks bacaan
|
• Membedakan berbagai bunyi
bahasa secara tepat yang terdapat dalam bacaan atau cerita guru.
• Melafalkan bunyi bahasa secara
baik dan benar.Teks bacaan
• Menyebutkan tempat-tempat yang
berkaitan dengan kesehatan.
|
• membedakan berbagai bunyi
bahasa secara tepat yang terdapat dalam bacaan atau cerita guru.
• Melafalkan bunyi bahasa secara
baik dan benar.
• Menyebutkan tempat-tempat yang
berkaitan dengan kesehatan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
• Gambar-gambar yang berhubungan
dengan kesehatan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BEBICARA
Menceritakan
dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya,
dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab
/ membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan
tembhang macapat.
3.2 Melakukan percakapan sesuai teks dalam buku bacaan.
|
Teks percakapan
|
• Melakukan percakapan /
menceritakan kembali cerita guru atau yang ada dalam buku bacaan.
• Menjelaskan arti kata-kata
sulit dalam teks percakapan.
• Menjawab pertanyaan dengan
menggunakan ondhagga bhasa enggi bhunten.
|
• Melakukan percakapan /
menceritakan kembali cerita guru atau yang ada dalam buku bacaan.
• Menjelaskan arti kata-kata
sulit dalam teks percakapan.
• Menjawab pertanyaan dengan
menggunakan ondhagga bhasa enggi bhunten.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan
tembhang macapat dan carakan madhura.
3.3 Membaca lancar teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik
membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.
|
Teks bacaan
|
• Membaca teks bacaan dengan baik
dan benar.
• Melafalkan kata-kata yg
mengandung vokal/konsonan alos atau
tajhem.
• Menjawab isi bacaan.
• Membaca lancar carakan madhura.
|
• Membaca teks bacaan dengan baik
dan benar sesuai dengan teknik-teknik membaca.
• Melafalkan / menentukan
kata-kata yang mengandung vokal/konsonan alos atau tajhem.
• Membaca kalimat dalam carakan
madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
3.4 Membuat karangan, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.
|
Teks pidato
|
• Menulis karangan dalam bahasa
madura.
• Menulis carakan madhura.
|
• Membuat karangan dengan
petunjuk guru dengan baik.
• Menulis carakan
madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
3.5 Melafalkan bunyi bahasa secara baik dan benar yang terdapat dalam
bacaan dan tembhang macapat, melagukan tembhang macapat (Maskumambang)
|
Tembhang macapat.
|
• Melafalkan bunyi bahasa secara
baik dan benar yang terdapat dalam bacaan dan tembhang macapat.
• Membaca / melagukan tembhang
macapat madhura dengan baik.
• Memahami isi tembhang macapat
dengan baik.
|
• Melafalkan bunyi bahasa secara
baik dan benar yang terdapat dalam bacaan dan tembhang macapat.
• Membaca / melagukan tembhang
macapat madhura dengan baik.
• Memahami isi tembhang
macapat dengan baik.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare
Taman 6).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
Pamekasan, 11 Juni
2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 6 (enam)
M. RASYAD M.
RASYAD
Nip.19580423 197803 1
003 Nip.19580423 197803 1 003
mator sakalangkong pak Rasyad, Jazakumullah
BalasHapuskok gkbisa di downlod pak
BalasHapus